Wapres Ingin Kerajinan Tangan Indonesia Tembus dan Bersaing di Pasar Dunia

266
0
Share:

GuritaNews – Wakil Presiden Jusuf Kalla resmi membuka pameran Inacraft 2016 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (20/4/2016).

Dalam sambutannya, Wapres menginginkan hasil kerajinan tangan Indonesia mampu menembus pasar internasional. Ia pun mendorong agar ada penyesuaian kerajinan sesuai selera pasar.

“Kita ingin menjadikan suatu produk yanh menghasilkan ekonomi, pendapatan, penghasilan ekspor yang baik. Karna itu dibutuhkan produk yang sesuai selera kebutuhan pasar,” ujar Kalla.

Penyesuaian selera itu bisa dengan mengubah warna sehingga sesuai dengan trend di pasar dunia.

Wapres mengingatkan para pengusaha kerajinan tidak puas diri dengan hasil kerajinan yang diproduksi. Sebab, untuk menembus pasar global perlu peningkatan kualitas sehingga bisa bersaing dengan produk dari negara lain.

Selain kualitas, Kalla juga meminta para pengusaha kerajinan untuk mencermati persiapan harga dan kecepatan waktu pengiriman. Bila itu dilakukan, ia yakin produk kerajinan Indoneisa bisa bersaing di pasar internasional.

“Di sini disebutkan dari desa ke pasar dunia. Artinya jangan berpikir tentang kesukaan kita, berpikir tentang kesukaan orang, itu baru bisa jadj pasar dunia,” kata Kalla.

Inacraft 2016 diselenggarakan pada 20-24 April 2016 dan diikuti oleh lebih dari 1400 pengusaha kerajinan baik produsen maupun eksportir dari 34 provinsi di Indonesia.

Tak cuma peserta dalam negeri, Inacraft 2016 juga diikuti peserta pameran dari berbagi negara yakni Singapura, Jepang, Pakistan, Nepal, dan Syria.

Dalam 5 hari penyelenggaran, Inacraft 2016 ditargetkan mampu menyedot 200.000 pengunjung dan transaksi dagang mencapai lebih dari Rp 133 miliar.

Share:

Leave a reply