Tiba di Vietnam, Obama perkuat hubungan ekonomi dan pertahanan

Share:

GuritaNews – Presiden Barack Obama, Minggu malam (22/5) waktu setempat, tiba di Vietnam, mengawali lawatannya selama sepekan di Asia.

 

 

Para pejabat Amerika Serikat mengatakan kunjungan tersebut bertujuan untuk memperkuat hubungan pertahanan dan ekonomi kedua negara yang sebelumnya bermusuhan.

Kalangan media menyebut Washington hendak mendukung Vietnam dan negara-negara lain di kawasan Asia Timur yang tengah terlibat sengketa wilayah maritim dengan Cina, tanpa bermaksud memperburuk ketegangan dengan Beijing.

Disebutkan juga, Obama akan menyampaikan keprihatinan pemerintah AS terhadap catatan hak asasi manusia di Vietnam selama kunjungan tiga hari.

Vietnam dilaporkan berusaha menekan AS untuk mencabut sangsi embargo senjata yang diberlakukan sejak Perang Vietnam berakhir.

Usai dari Vietnam, Obama melanjutkan kunjungannya ke Jepang guna menghadiri KTT G7, sekaligus melakukan lawatan bersejarah ke Hiroshima, tempat Amerika Serikat pernah menjatuhkan bom atom era perang pasifik tahun 1945. (Q2/BBC)

Share:

Leave a reply