Sejarah perang Dunkirk di dalam ‘selera imajiner’ Christopher Nolan

303
0
Share:

GuritaNews – Nama kota pelabuhan Dunkirk, Prancis, tak akan pernah lepas dari bagian sejarah Perang Dunia II.

 

Kala itu -menurut catatan wikipedia- sekitar 300 ribu tentara sekutu harus dievakuasi ke daratan Inggris, setelah mengalami kepayahan menghadapi serangan militer Jerman.

Evakuasi inilah yang menjadi torehan sejarah, betapa para tentara sekutu habis-habisan mempertahankan diri di lautan menghadapai bombardir tentara Nazi.

Sutradara kampium Christopher Nolan, mengakangkat kembali kisah heroik menegangkan ini lewat film drama-action-thriller berjudul Dunkirk (lihat trailernya).

Film berjudul sama juga pernah dirilis tahun 1958, besutan sutradara asal Inggris, Leslie Norman.

Kini dengan menggaet Nolan, pihak studio Warner Bros. sepertinya ingin mengajak kita bercengkrama di masa peperangan klasik dengan sentuhan karakter ala Nolan.

Tak bermaksud mereka-reka, jika mengacu pada cerita film ini , mungkin (jika benar) kita tidak akan diajak untuk mengerut dahi seraya berpikir keras seperti menyaksikan film-film karya Nolan : Interstellar, The Dark Knight Rises, Insomnia, Inception, The Prestige dan sebagainya, karena hampir kebanyakan film karya Nolan sering mengajak kita untuk berpikir dengan jalinan ceritanya.

Lihat ketika Nolan, habis-habisan membauat kekacauan kota kahayalan komik, Gotham dalam The dark Knight Rises? Bukankah kita justru terpesona melihat gambar-gambar green screen dan visual efek CGI yang sangat mahal pembiayaannya.

Kekacauan dalam The Dark Knight Rises tetap menjadi sanjungan bagi Nolan, setidaknya ia telah sukses membuat trilogi pendekar keleawar Batman tampil dengan karakter gelapnya yang (sebenarnya) lebih gelap dari komiknya sendiri.

Apa yang anda pikirkan saat menyaksikan Interstellar? pasti kebanyakan menjawab hebat! tapi bikin pusing kepala bukan, namun nikmat.

Lalu dengan Inception bagaimana? nyaris dengan jawaban sama, tapi Inception telah melahirkan metamorfosa industri film dunia.

Keberanian Nolan mengusung tema action-scifi dalam Inception, sebenarnya nyaris mendekati pemahaman  dan refleksi kita sebagai manusia saat memiliki keberanian untuk terjuan sedalam- dalam nya ke alam bawah sadar kita.

Dan kini lewat Dunkirk, apalagi yang hendak Nolan kejutkan kepada kita untuk kembali berpetualangan dengan selera imajinernya ?

Film Dunkirk yang dibintangi Tom Hardy, Cillian Murphy, Kenneth Branagh dan James D’Arcy,  dijadwalkan tayang di Amerika Serikat dan Inggris pada pertengahan Juli 2017. (Q2),

Share:

Leave a reply