Penghargaan Pulitzer Tandai Usia 100 Tahun Dengan Pemberian Hadiah

278
0
Share:

GuritaNews – Penghargaan Pulitzer, yang didirikan pada 1917 dan mengambil nama dari penerbit Joseph Pulitzer sebagai bentuk penghormatan, Senin ini, menandai usia 100 tahun penghargaan kepada insan pers Amerika Serikat yang paling prestisius.

Penghargaan Pulitzer sebagai pengakuan atas prestasi terbaik diberikan kepada mereka yang bergelut di bidang jurnalisme dalam pembuatan karya jurnalistik mulai dari laporan berita-berita terkini, artikel yang berisi layanan publik hingga feafotografi feature.

Selain itu penghargaan juga diberikan kepada penulis fiksi, sejarah, drama, musik, dan karya sastra lain.

Para pemenang diseleksi oleh satu tim independen setelah para juri mengunggulkan 2.400 karya dari berbagai kategori.

Para pemenang akan diumumkan Senin (19.00 GMT) atau Selasa dinihari WIB, di Columbia University, New York. Universitas itu mendirikan Sekolah Jurnalistik (School of Journalism) dengan dana hibah dari Joseph Pulitzer, penerbit the New York World dan surat-surat kabar lain di Amerika Serikat pada penghujung abad ke-19 dan awal abad ke-20.

Sebuah tim yang dibentuknya menyediakan dana bagi pemberian hadiah-hadiah itu pada tahun-tahun awal dan memilih Columbia untuk mengelolanya.

Selama bertahun-tahun, the New York Times telah meraih banyak penghargaan daripada organisasi-orgaanisasi media lainnya, menerima 117 penghargaan Pulitzer dan penghargaan lain, demikian laman surat kabar tersebut.

Tahun lalu harian itu meraih tiga Penghargaan Pulitzer, termasuk hadiah untuk laporan internasional mengenai laporan penyakit Ebola di Afrika Barat.

Penghargaan Pulitzer untuk kategori Layanan Publik tahun lalu diraih Charleston, surat kabar di South Carolina, dan Courier atas serangkaian laporannya mengenai kekerasan domestik.

Share:

Leave a reply