Mengintip misi penting Jakarta Fashion Week 2017

202
0
Share:

GuritaNews – Perhelatan Jakarta Fashion Week 2017 , yang segera digelar dalam waktu dekat, kembali menghadirkan desainer-desainer Indonesia Fashion Forward,  serta rangkaian kolaborasi internasional yang berlangsung di acara pesta fashion terbesar di tanah air itu.

 

“Bekerja sama dengan berbagai organisasi dan institusi yang memiliki visi dan tujuan sama dengan Jakarta Fashion Week, yaitu mengembangkan dunia mode Tanah Air, Jakarta Fashion Week 2017 ini membawa misi penting, melibatkan desainer-desainer Indonesia yang tergabung dalam program pengembangan kapasitas Indonesia Fashion Forward ke kancah internasional, terutama ke beragam ajang pekan mode dunia,” ungkap Lenni Tedja, Direktur Jakarta Fashion Week, saat jumpa pers, di Cikini, 6 Oktober lalu.

Michelle Tjokrosaputro dari Bateeq, Anandia Maria Putri Harahap dari I.K.Y.K, Amanda Lestari dari LEKAT, Norma Moi dari Norma Hauri, dan Monique Soeriaatmadja dari SOE Jakarta hadir sebagai perwakilan dari desainer Indonesia Fashion Forward yang melakukan kolaborasi internasional di Jakarta Fashion Week 2017.

Norma Hauri, yang bersama ByVelvet memamerkan koleksi terbaru mereka di ajang Mercedes-Benz Fashion Week Tokyo (MBFWT) Maret lalu, menunjukkan bahwa panggung internasional merupakan langkah selanjutnya bagi desainer Indonesia.

Pada perhelatan kalai ini , Norma melakukan kolaborasi dengan perusahaan tekstil asal Negeri Sakura, yaitu Utic.

Norma menugisahkan, pertemuannya dengan Utic itu terjadi usai melakukan parade busana di MBFWT, di mana pihak Utic menghubungi Jakarta Fashion Week, dan ingin berkolaborasi dengan salah seorang desainer jebolan program Indonesia Fashion Forward generasi ketiga itu.

Sementara itu, label Indonesia Fashion Forward generasi kelima, yaitu Bateeq, kembali melakukan kolaborasi dengan Suzuki Takayuki – desainer Jepang yang terkenal dengan konsep art clothing – sebagai bagian dari kerja sama antara Jakarta Fashion Week dengan Amazon Tokyo Fashion Week.

Tahun lalu, Bateeq dan Suzuki Takayuki pun telah menjalin kerja sama di Jakarta Fashion Week.

LEKAT dan SOE Jakarta akan menggelar koleksi kolaboratif dengan dua desainer muda asal Inggris, yaitu Billie Jacobina dan Rosella May, yang terinspirasi konsep sustainable fashion, atau mode berkelanjutan.

Parade koleksi kolaboratif mereka tersebut merupakan bagian dari program residensi yang digelar oleh British Council di dua lokasi berbeda, yaitu Baduy, Banten, dan Pekalongan, Jawa Tengah, sejak Agustus 2016 lalu.

Kerja sama  Jakarta Fashion Week dengan British Council terjalin sejak 2012 melalui program pengembangan kapasitas Indonesia Fashion Forward.

Pada tahun ini, kolaborasi kembali dilanjutkan, menyusul kesuksesan kolaborasi kreatif dan artistik di Jakarta Fashion Week 2016 lalu antara desainer Indonesia Fashion Forward, Dian Pelangi, dengan desainer muda Inggris dari London College of Fashion, Odette Steele dan Nelly Rose Stewart.

Kolaborasi antara desainer Korea dan Indonesia juga akan tampil dalam Jakarta Fashion Week 2017, sebagai bagian dari kerja sama antara Jakarta Fashion Week dengan Council of Fashion Designers of Korea, Korea Creative Content Agency, dan Korean Cultural Center.

Desainer ternama asal Korea, Lie Sang bong, akan berbagi panggung Fashion Tent dengan TOTON, yang juga merupakan desainer Indonesia Fashion Forward generasi kedua dan memenangkan perlombaan perancang mode International Woolmark Prize kategori busana wanita untuk ronde Asia.

Sementara itu, desainer muda Indonesia, I.K.Y.K., generasi keempat Indonesia Fashion Forward, akan berkolaborasi dengan fashion brand Korea, Twee x Hwangsung Park.

Didukung oleh Wardah, L’Oreal Professionnel, CIMB Niaga, Matahari Department Store, UBS Pusat Emas Model Baru, Dulux, Giv, Softener SoKlin, Systema, Top Coffee, Make Over, Epson, Blibli.com, Batik Air, Rumah Luwih, Aqua Reflections, FashionValet, Carlo Rino, Bakmi Mewah, Oakwood, Century Park, dan Acer, Jakarta Fashion Week 2017 siap digelar pada 22-28 Oktober 2016 di Senayan City, Jakarta. (Q2/JFW)

Share:

Leave a reply