Liana Gunawan, Kartini Milenial

33
0
Share:
El John Kartini Week 2018 - Parade Putra Putri Pariwisata Nusantara

GuritaNews – Hari Sabtu, 21 April 2018 Yayasan EL JOHN Indonesia memperingati perayaan lahirnya Ibu Kartini dalam perhelatan EL JOHN Kartini Week. Kegiatan ini berlangsung pada 19-22 April di Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.

Sejumlah acara menarik digelar dalam perayaan ini. Mulai dari Talkshow Inspiratif Wanita, Parade Natioal Costume dan Unjuk Bakat sejumlah finalis Putra-Putri Pariwisata Nusantara 2018, Pemilihan Kartini Cilik Indonesia, Putri Kartini Indonesia dan Ibu Kartini Indonesia. Maria Dwi Anggita terpilih sebagai Putri Kartini Indonesia 2018

Sejumlah stan ikut meramaikan perayaan ini dengan menjajakan aneka kebutuhan. Mulai dari produk-produk kecantikan dan perawatannya, hingga sejumlah jajanan kecil yang diminati pengunjung Mall Kota Kasablanka.

Sebelum puncak acara, para Putra – Putri binaan yayasan melakukan sejumlah sajian. Mulai dari tari-tarian hingga parade busana nasional. Tentu saja kegiatan ini menyedot antusiasme pengunjung Mall Kota Kasablanka yang sangat ramai diakhir pekan.

Puncak acara perayaan ini adalah penobatan Ibu Kartini Indonesia 2018. Kegiatan ini berlangsung semarak dimana Ketua Yayasan EL JOHN Indonesia, Johnie Sugiarto melakukan pemahkotaan, Ibu Liana Gunawan dari Jakarta. Sebelum dinobatkan sebagai Ibu Kartini Indonesia, para peserta sebelumnya telah melalui sejumlah seleksi, termasuk penilaian saat menggunakan gaun kebaya sebagai salah satu busana nasional.

Acara semakin khidmat, sesaat sebelum pemotongan tumpeng dilantunkan lagu Ibu Kita Kartini secara bersama-sama dengan semua yang hadir di lokasi acara. Nyanyian bersama ratusan pengunjung ini menambah suasana hidmat dan haru. Sesaat terbayang kembali sosok beliau dalam memperjuangkan emansipasi wanita Indonesia.

Johnie Sugiarto menyatakan bahwa momentum ini menjadi sebuah motivasi dalam memajukan para perempuan Indonesia. Hal ini sebagaimana tujuan dari Yayasan EL JOHN Indoesia, akan terus mempersembahkan berbagai kegiatan menarik dan bermanfaat dalam pembangunan sumber daya manusia. Diharapkan olehnya, bahwa melalui serangkaian kegiatan Yayasan, para perempuan Indonesia ini bisa memperkenalkan kebudayaan nasional di panggung-panggung internasional. Tentu saja ini merupakan salah satu cara melestarikan semangat dan perjuangan Ibu Kartini diera Millenial, pungkasnya.

El John Kartini Week - Liana Gunawan

Terpilih sebagai Ibu Kartini Indonesia 2018, Liana Gunawan tidak menyangka. Awalnya dia hanya ingin mendaftarkan anaknya diajang pemilihan kategori anak-anak. Tawaran dari panitia agar ikut serta lebih ditanggapi sebagai tantangan untuk memberikan inspirasi bagi putrinya tersebut. Tak disangka, setelah melalui serangkaian seleksi, justru dia memenangi kategori utama acara ini.

Bagi Liana, yang sehari-hari hanyalah ibu rumah tangga biasa dan menekuni bisnis jualan makanan ringan, prestasi ini tentu sangat membanggakan. Sosok beliau memang sangat dikaguminya. Jasanya sangat besar dalam mengubah norma masyarakat tentang wanita. Emansipasi yang diperjuangkannya, layak untuk dilanjutkan oleh generasi sekarang.

Keterlibatan wanita dalam berbagai aspek kehidupan masih kurang menonjol. Terlebih dalam kancah politik nasional. Masih sedikit perempuan-perempuan Indonesia yang terlibat didalamnya. Oleh sebab itu, Liana berharap akan muncul sosok-sosok Kartini modern termasuk dalam dunia politik di Indonesia. (Lukman Hqeem)

Share:

Leave a reply