Ragam Wisata Kabupaten Bogor Yang Menggiurkan

206
0
Share:
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bogor Membuka Pameran Wisata Kabupaten Bogor - Land of Harmony, Atrium Mall, Jakarta Pusat (Sabtu,17 Maret 2018)

GuritaNews – Dalam rangka mewujudkan Kabupaten Bogor sebagai Kabupaten Termaju di Indonesia, serta menjadi salah satu dari daerah tujuan wisata unggulan di Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menggelar pameran wisata dan budaya, Kabupaten Bogor –A Land of Harmony di Atrium Mall, Jakarta Pusat.

Pameran yang berlangsung 17-19 Maret ini digunakan untuk mempromosikan obyek-obyek wisata yang ada di Kabupaten Bogor. Diikuti oleh 20 pengelola obyek wisata dan pihak yang terkait dengan industri pariwisata ini termasuk hotel, restoran dan jasa travel. Aneka informasi dan paket wisata pilihan ditawarkan, mulai dari potongan harga masuk hingga biaya menginap di resort dan vila.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor, Rahmat Surjana menyatakan bahwa sudah menjadi komitmen pemerintah Kabupaten Bogor untuk membangun sektor pariwisata secara maksimal.

Kebijakan ini akan ditunjang dengan berbagai upaya mendasar sehingga diharapkan tercipta pelayanan prima terhadap para wisatawan.

Melalui kegiatan ini, kami ingin mempromosikan keragaman obyek wisata alam budaya serta segala fasilitas yang layak dikunjungi.

Kegiatan promosi ini dilakukan berkesinambungan. Dilakukan dipusat-pusat keramaian termasuk di pusat belanja seperti di Atrium Mall yang memang dikenal sangat ramai. Selanjutnya akan dilakukan di Kalibata City, Jakarta Selatan.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bogor selain mempromosikan potensi wisaya juga ingin mendorong pelaku industri terlibat aktif. Eksibisi ini diharapkan bisa menjaring langsung pangsa pasar.

Terbukti sejumlah transaksi terjadi selama pameran ini.

Kabupaten Bogor  secara topografis merupakan wilayah pegunungan. Sejumlah obyek wisata yang tersebar di tiga wilayah, Bogor Barat, Timur, Tengah dan Selatan, banyak menyajikan keindahan alam terbuka, gunung, air terjun, danau, perkebunan hingga desa-desa wisata.

Bahkan terdapat obyek wisata sejarah pula seperti Situs Ciariteun atau Ciampea yang merupakan peninggalan Kerajaan Tarumanagara (358M – 669M) dan Moseleum Van Motman di Sibanteng, Leuwisadeng. Tak heran bila mengusung slogan Kabupaten Bogor, A Land of Harmony sebagai jangkar promosi wisata yang dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

Bagi wisatawan Olah Raga, terdapat obyek yang menarik seperti Stadion Pakansari Cibinong, Palm Hill Golf, Riverside Golf, Hambalang Cross off road, Gunung Pancar dan Sirkuit Internasional Sentul. Kegiatan Paralayang dapat dilakukan di wilayah Puncak, sementara olahraga rafting, bisa menyusuri jeram-jeram di Sungai Ciadane.

Taman Safari menjadi obyek unggulan. Selain memang bertaraf internasional, jumlah pengunjung memang yang paling banyak. Namun demikian, obyek-obyek wisata lainnya juga tak kalah menarik. Untuk wisata alam, Kabupaten Bogor yang memiliki banyak perkebunan warisan jaman kolonial tentu menarik bagi wisatawan yang ingin merasakan suasana alam yang asri.

Agrowisata Gunung Mas Bogor, menjadi tempat yang favorit. Menurut Dudih Setiadi, Manajer Agrowisata Gunung Mas yang berada dibawah manajemen PT. Perkebunan Nusantara VIII, hingga tahun 2019 sebanyak 18 Bungalow mereka sudah penuh. Resort ini memang sangat digemari sebagai tujuan wisata baik pribadi, keluarga maupun perusahaan. Berada ditengah perkebunan teh yang berdiri sejak 1910, Agrowisata Gunung Mas merupakan wisata yang pas untuk mencari suasana sejuk dengan udara segar.

Berbagai fasilitas tersedia di Agrowisata yang hanya berjarak 80km dari Jakarta. Penginapan dari kamar VIP hingga Bungalow dan Aula bisa dipergunakan. Terdapat lapangan Bola dan Tenis, serta lokasi berkemah dan bermain anak-anak pula. Obyek Wisata Gunung Mas mampu menampung 170 hingga 340 orang.

Pihak Agrowisata Gunung Mas juga menyediakan sejumlah paket khusus yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Selain menginap dan menikmati suasana perkebunan Teh, pengunjung juga bisa melihat proses pembuatan teh produksi merekayang terkenal sejak awal abad 20. Berada di ketinggian 800-1200dpl, dengan suhu kisaran 12-22 derajat Celcius, Gunung Mas menjadi lokasi untuk kegiatan Paralayang, Outbound, Offroad,Hiking dan Camping.

Alfa Resort Puncak, dari kelompok usaha Cordela Grup, menawarkan harga kamar murah hanya Rp.250 ribu selama pameran. Berada di Jalan Raya Puncak Cisarua, Alfa Resort menawarkan suasana wilayah Puncak yang terkenal sejak jaman Kolonial.

Taman Buah Mekarsari dengan obyek unggulan kebun buah nasional, menawarkan sensasi tingggal dialam bernuansa hutan dan kebun buah.

Dengan pemandangan danau dan kanal serta kebun buah yang luas, Taman Buah Mekarsari memiliki paket keliling ke kebun buah sekaligus memanennya.

Menjadi wahana yang pas untuk bermain dan belajar bersama keluarga.

Obyek wisata lain yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan Pameran Wisata Kabupaten Bogor, A Land of Harmony adalah Happy Land, D’Agape, Junggle Land, dan lain-lain.

Sejumlah pihak yang terkait dengan industri wisata juga hadir.

Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia, (IWAPI) kabupaten Bogor menampilkan sejumlah produksi cinderamata, kerajinan tangan hinggga makanan ringan yang menjadi ciri khas kabupaten Bogor.

Diah, salah satu peserta pameran merasa senang terlibat dalam kegiatan ini. Menurutnya hal ini bisa membantu mempromosikan bukan hanya wisata namun juga menggali potensi ekonomi dan bisnis juga.

IWAPI menyambut baik ajakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor yang dalam tiga tahun ini terlibat aktif dalam mempromosikan ingin mensukseskan kunjungan wisatawan  sini.

Pada tahun 2017, jumlah wisatawan yang mengunjungi Kabupaten Bogor tercatat mencapai 7 juta. Diharapkan pada tahun ini ada peningkatan sebesar 10%.

Pendapatan dari sektor Pariwisata berkontribusi terbesar kedua dibawah sektor pengelolaan makanan, pungkas Rahmat Surjana. (Lukman Hqeem).

 

Share:

Leave a reply