Lagi! sebuah ledakan tewaskan 13 orang di Gereja Koptik Kairo

Share:

guritanews – Lagi! Sebuah ledakan keras terjadi di sebuah gereja kristen koptik St George , kota Tanta, sebelah uatra Kairo.

Dilaporkan media pemerintah setempat, Ledakan tersebut menewaskan sedikitnya 13 orang.

Beberapa stasiun televisi melaporkan sedikitnya 40 orang mengalamai luka akibat ledakn tersebut.

Ledakan terjadi saat umat Kristen Koptik sedang merayakan Minggu Palma, salah satu hari paling suci dalam kalender Kristen, menandai masuknya Yesus Kristus ke Yerusalem.

Sementara hingga berita ini diturunkan, penyebab pasti ledakan belum diketahui.

Laporan berbagai media setempat mengatakan kaum minoritas Kristen Mesir sering menjadi sasaran kelompok Islam militan, dalam beberapa tahun belakangan.

Serangan kekerasan terhadap kaum Kristen Koptik meningkat dalam beberapa tahun terakhir di Mesir, terutama sejak 2013, saat militer melakukan aksi menggulingkan presiden terpilih, Mohammad Morsi, serta melancarkan tindakan keras terhadap kalangan Islam radikal.

Sejumlah kalangan pendukung Mohammed Morsi, yang berasal dari Ikhwanul Muslimin, menuding kaum Kristen telah mendukung militer dalam penggulingan tersebut.

Pada Desember tahun lalu, tercatata 25 orang tewas akibat serangan bom yang meledak di sebuah katedral Koptik di Kairo saat misa kebaktian.

Kelompok ISIS, bulan Februari lalu, mengancam akan melancarakan lagi serangan terhadap orang-orang Koptik, yang mencakup sekitar 10% dari penduduk Mesir.

Pada tanggal 1 April, sebuah ledakan bom, di luar sebuah pusat pelatihan polisi di kota Tanta, telah melukai 16 orang. (Q2/BBC)

Share:

Leave a reply