Hari ini Inggris memulai Referendum ketiga

214
0
Share:

GuritaNews – Saat ini masyarakat Inggris sedang bersiap memberikan hak suaranya dalam perhelatan referendum bersejarah paling menentukan, apakah Inggris tetap menjadi anggota Uni Eropa atau tidak.

 

Tempat pemungutan suara (TPS) dibuka hari ini, Kamis (23/06) pada pukul 07:00 hingga 22:00 waktu setempat (pukul 13:00 WIB hingga pukul 03:00 pada Jumat (24/06).

Sebanyak 46.499.537 orang telah terdaftar untuk memberikan suaranya – sebuah rekor dalam sejarah pemungutan suara di Inggris.

Referendum kali ini adalah referendum ketiga dalam sejarah Inggris.

Pertanyaan yang diajukan dalam surat suara adalah: “Apakah Inggris tetap menjadi anggota Uni Eropa atau meninggalkan keanggotaan Uni Eropa?”

Pilihan yang mendapat lebih dari separuh jumlah yang memberikan suara akan dinyatakan menang.

Setelah masa pemungutan suara berakhir, kotak suara yang disegel akan dikumpulkan dan dibawa ke tempat penghitungan suara yang jumlahnya mencapai 382 lokasi di seluruh Inggris.

Itu mewakili 380 kawasan pemerintah daerah di Inggris, Skotlandia dan Wales, ditambah masing-masing satu untuk Irlandia Utara dan Gibraltar.

Hasil di masing-masing daerah akan diumumkan pada malam hari ini (waktu setempat), yang diiringi hasil regional dari 11 kawasan.

Hasil dari referendum akan semakin jelas menjelang penghitungan akhir yang hasilnya akan diumumkan oleh Kepala Pejabat Penghitungan Suara di Balai Kota Manchester.

Komisi Pemilihan Inggris memperkirakan hasil akhir dari referendum akan diperoleh sekitar ‘jam sarapan pagi,’ pada Jumat (24/06). (Q2/BBC)

Share:

Leave a reply