Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar seperti The Fabulous Udin

321
0
Share:
The Fabulous Udin sebagai sebagai tontonan ringan dan segar. guritanews.com

GuritaNews – Menempatkan The Fabulous Udin sebagai sebagai tontonan ringan dan segar, sah-sah saja sebagai film yang -memang- disajikan bagi kalangan remaja dibawah umur.

 

 

Namun film produksi Starvision ini juga bukan sekedar meletupkan sebuah sajian cerita drama yang umum seperti kebanyakan.

Pasalnya The Fabulous Udin yang di garap sutradara Hernadus Larobu ini memang memijak-kan kasanah cerita yang sarat edukasi, meski bagi penonton remaja ke atas atau di kisaran usia 18+ film ini akan terasa ‘kelewat’ dewasa untuk bermain dengan verbal puitis lewat dialog-dialognya.

Karena film ini mutlak menempatkan sosio pelajar di level Sekolah Menegah Pertama sebagai sentra cerita.

Kenapa The Fabulous Udin memuat secara total dialog-dialog puitis yang ‘hendak mengayun rasa’?

Produser Chand Parwez mengatakan film ini sebuah jawaban atas kegamangan melihat kondisi remaja era kini yang kian ‘miris’ menggunakan bahasa Indonesia sebagai kecakapan berkomunikasi.

“Kenapa saya muatkan dialog dialog puitis dalam film ini? Saya gelisah melihat remaja masa kini tidak menempatkan bahasa Indonesia sebagai komunikasi yang benar dan semestinya.” jelasnya.

“Anak sekarang sudah asyik menggunakan bahasa Indonesia dengan kalimat-kalimat gaul. Mereka lupa akan kaidah bahasa nasional kita, karena terlalu asyik melebur dengan tren.” lanjutnya.

'Anak sekarang sudah asyik menggunakan bahasa Indonesia dengan kalimat-kalimat gaul.'

‘Anak sekarang sudah asyik menggunakan bahasa Indonesia dengan kalimat-kalimat gaul.’

Saya (penulis) memberi catatan wajib ; The Fabulous Udin berhasil secara penuh menggunakan kata Saya, Aku dan Kamu sebagai format berbahasa yang benar dalam dialog.

Jika anda menonton film ini maka tidak akan menemukan kamus gaul apapun yang di lontarkan dalam film ini… Semua serba Indonesia asli bukan ‘slang’.

Bagaimana menurut anda? karena The Fabulous Udin ingin mengajak kita untuk mau dan mampu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Saksikan serentak di bioskop mulai 12 Mei. (Q2)

Share:

Leave a reply