Grup vokal Qasima dari pop hingga reggae namun tetap berdakwah

101
0
Share:
Qasima by kicky herlambang

GuritaNews – Grup vokal qasidah bermerk “Qasima” asal Magelang, Jawa Tengah, ini rupanya juga ambil bagian untuk meramaikan pentas musik nasional  dengan meleburkan diri ke dalam label NAGASWARA.

Grup vokal yang memiliki kepanjangan nama ; Qasidah Irama Melayu Magelang, ini ikut andil merilis single religi berjudul Marhaban ya Ramadhan.

Qasima yang digawangi oleh Umi Anidya ini beranggotakan para wanita cantik yang masih belia sebagai biduan.

Meski baru terdengar di Jakarta, jangan salah, Qasima sudah cukup lama melanglang dengan kemasan qasidah-nya.

Qasima bukan grup qasidah yang baru lahir, nama grup ini telah di besarkan pendahulunya, yang tak lain ibu dari Anindya sendiri.

“Qasima sudah sejak puluhan tahun di besarkan oleh ibu saya, pada tahun 1984. Saya malah belum lahir mas saat itu,” aku Anindya, usai peluncuran Salam Religi 2018, yang di gagas label NAGSWARA, di Jakarta (14/5) lalu.

“Misi kami dengan Qasima adalah dakwah lewat musik dan lagu. Namun, kami juga men-siasatinya dengan beragam gaya musik seperti reggae, dangdut juga pop dan lainnya. Juga sekaligus melestarikan peninggalan dari oranng tua mas,” tambah Anindya.

Lalu bagaimana semisal suatu saat ada personil Qasima yang hendak bersolo karir, apakah anda akan merestuinya?

“Kalau ada personil Qasima yang ingin hijrah untuk solo karir, saay merestuinya , boleh kok. Karena kan itu adalah hak indiviudal masing-masing. Jadi silakan saja,” papar Anindya.

Saat ini memang tak banyak grup qasidah yang berani melempar produknya ke pasaran.

Pasalnya, kebanyakan grup qasidah memerankan eksistensinya dengan cara konvensional, mengingat misi grup seperti ini adalah ingin berdakwah lewat musik dan lagu saja, tanpa harus repot melakukan proses rekaman studio.

Meski grup vokal ini ‘bermain’ pada genre musik dan lelaguan yang terbatas penikmatnya, namun tak berarti grup qasidah yang beranggotakan ; Anna (Piano), Renny (Kendang/Ketipung), Dwi Crisna (Vocal), Shoimah (Vocal), Nenny Vocal), Isna (Vocal, Tamborin), Maya (Vocal), Azizah (Vocal), Echa (Suling, Saxophone, Backing Vokal), Kiki (Drum),  Ajeng (Gitar, Kendang) dan Dinda (Bass) memiliki penggemar sedikit, nyatanya Qasima punya banyak penggemar, apalagi di jejaring sosial media.

“Jangan salah mas, meski Qasima adalah grup qasidah, tapi penggemarnya juga banyak lhooo…” pungkas Anindya, pentolan Qasima yang juga mahir menabuh drum dan memainkan string, menebar senyum. (Q2)

 

Share:

Leave a reply