Dian Sastrowardoyo : peran mertua dan orang tua dalam mendidik anak kita

125
0
Share:

guritanews – Seperti apa Dian Sastrowardoyo memaknai citra ibu ‘hebat’ atau tangguh?

Dian Sastrowardoyo mengakuinya tidak mudah untuk menajdi sosok ibu yang ‘kuat’, artinya ungkapan ini berkaitan dengan perannya sebagai perempuan tangguh, Kartini, dalam film berjudul sama.

Apalagi untuk peran ibu saat ini, harus sangat ekstra tangguh, ditengah era multiversal,

“Semua saat ini serba praktis, namun bukan berarti sebagai ibu juga ringan tugasnya dalm mendidik buah hatinya,” jelasnya kepada awak media acara nonton bersama 500 undangan perempuan guru dan dosen yang di gelar oleh SC Johnson di Plaza Senayan , Jum’at (5/5) sor.e

Dulu sosok Kartini berhasil mendobrak budaya pinyit dan status perempuan yang hanya menjadi istri lalu bekerja dirumah saja, bahkan ‘wajib’ patuh kepada kehendak suami.

Jadi bisa dibayangkan, bagaimana perempuan Jawa di era itu sangat takluk kepada lelaki, baik sang ayah atau suami.

Dian juga menambahkan bahwa banyak ibu-ibu sekarang ini menghadapi problem rasa percaya diri dalam melakoni peranannya sebagai wanita yang tentu harus menjadi panutan anak dan suami.

“Ambil contoh yang umum lah, kan pihak mertua dan orang tua kita juga punya andil dalam memerankan kepentingan prinsip-prinsip dan pola edukasi yang beragam versi, sementara terkadang kita sebagai ibu suka harus ; antara menerima atau mengalah karena ga enak hati”, pungkasnya kepada guritanews.com. (Q2)

Share:

Leave a reply