Debora Gondokusumo: luncurkan inovasi “superfood” Herbilogy

77
0
Share:

guritanews – Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 memperlihatkan tren dimana kesadaran masyarakat Indonesia untuk pola hidup sehat telah semakin meningkat.

Namun demikian, riset yang sama menyatakan bahwa sebanyak 26,1% masyarakat Indonesia masih kurang melakukan aktivitas fisik; sebanyak 93,5% masih tergolong kurang makan sayur dan buah; 53,1% gemar makanan dan minuman manis; sementara 40,7% masih kerap mengonsumsi makanan berlemak.

Menanggapi data tersebut, dalam talkshow yang dipersembahkan oleh Herbilogy di Almond Zucchini
Jakarta, Dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK, mengatakan “Orientasi masyarakat Indonesia dalam
mewujudkan hidup sehat, umumnya masih terbatas pada kegiatan olah raga dan diet yang kebanyakan tujuan utamanya hanyalah menurunkan berat badan, mereka kurang pengetahuan akan pentingnya gizi seimbang dalam diet sehat yang benar.”

Lebih lanjut Samuel menjelaskan bahwa untuk pemenuhan gizi seimbang, seseorang perlu meng-konsumsi makanan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan setiap individu – tanpa meninggalkan aktivitas fisiknya.

Kurangnya pemahaman akan pola konsumsi dan gaya hidup yang sehat, serta kesibukan tinggi dengan tingkat stress yang cukup tinggi, yang umumnya dijalani oleh penduduk urban, telah memicu pergeseran pola penyakit katastropik dan penyakit degeneratif seperti ginjal, diabetes, jantung, hipertensi dan sebagainya.

“Konsumsi yang cerdas dan penuh kesadaran akan kesehatan merupakan langkah besar menuju hidup sehat berkualitas. Saya sangat menganjurkan konsumsi makanan dari bahan-bahan alami dan tambahan superfood. Kelompok makanan super ini dapat menjadi pelengkap untuk memenuhi kebutuhan nutrisi maupun zat aktif harian yang baik untuk tubuh dan dapat memberikan berbagai manfaat seperti mencegah penyakit tertentu, mendukung vitalitas dan kesehatan, kecantikan hingga meningkatkan kualitas otak,” tegas ahli gizi terkemuka tersebut.

Hal itu pula yang memotivasi Debora Gondokusumo untuk meluncurkan Herbilogy, superfood dari bubuk ekstrak tanaman alami pertama di Indonesia.

“Semua bermula dari pengalaman hamil anak pertama. Saya menjadi lebih paham betapa asupan makanan sehat dan alami berperan penting dalam menentukan kualitas tumbuh kembang anak sejak berada di dalam kandungan, dan betapa tanaman juga memiliki zat-zat aktif yang bermanfaat, tidak kalah efektifnya dari zat kimia,” cetusnya bersemangat.

Saat itu Debora juga kerap mendengar permasalahan yang dihadapi oleh para sahabat seperti sulitnya mencari daun katuk untuk kelancaran ASI, tantangan dalam mempertahankan nafsu makan anak, bagaimana memelihara daya tahan tubuh, menjaga kesehatan kulit, meningkatkan metabolisme, dan masih banyak lagi.

“Saya sangat ingin menemukan solusi praktis, alami serta aman bagi mereka yang sadar akan pentingnya kesehatan tetapi kurang memiliki pengetahuan dan akses terhadap makanan sehat alami yang berkualitas dan dapat dipercaya.”

Superfood yang ia luncurkan merupakan makanan tambahan (pelengkap/suplementasi), dan bukan pengganti makanan.

Suplemen ini mengandung zat aktif atau nutrisi yang tidak terdapat dalam makanan sehari-hari, sehingga menambah nilai manfaat bagi tubuh.

Debora pun menemukan aspirasi yang lebih mendalam, “Indonesia sangat kaya akan keanekaragaman
hayati dan terkenal sebagai gudang tanaman yang bermanfaat untuk kesehatan,” ujarnya.

Debora pun menyebut Jawa Tengah, Nusa Tenggara Timur dan dataran tinggi di Bandung sebagai sumber-sumber tanaman berkualitas untuk dapat ia olah lebih lanjut.

Ekstraksi dari tanaman-tanaman yang digunakannya dilakukan dengan cara pengeringan untuk
mengurangi kandungan air dalam bahan pangan, yang dapat menumbuhkan bakteri dan mikro-
organisme.

“Kami sengaja menghindari penggunaan pewarna, perasa, pemanis tambahan, pengawet atau pun bahan kimia. Herbilogy pun kami kemas secara modern dan menarik,” jelas perempuan lulusan teknik kimia, University of Michigan, Ann Arbor ini.

Produk Herbilogy superfood powder pun berhasil menjadi bubuk yang larut sempurna jika dicampur dengan air hangat, dan dapat dicampurkan dengan makanan dan minuman apa pun untuk dikonsumsi sehari-hari, tanpa merasa seperti minum obat atau jamu-jamuan tradisional.

Narasumber lain dalam sesi ini pun menyampaikan pujian, “Inovasi yang ditunjukkan oleh Herbilogy telah menginspirasi. Mengolah bahan makanan menjadi menu yang sehat dan lezat tidak perlu rumit. Kita dapat memanfaatkan bahan alami dan sehat yang ada di rumah, menambahkan bubuk Superfood seperti Herbilogy dan menyuguhkannya dalam tampilan yang cantik sehingga menambah selera makan. Jadi tidak ada alasan untuk tidak membuat makanan sehat,” sambut Chef Eddrian Tjhia, yang terkenal disiplin menjalankan pola hidup sehat dan selalu berbagi resep sehat di akun media sosialnya.

Ia pun menawarkan tiga kreasi menu sehat bersama Herbilogy, yaitu Non Diabetic Cinnamon (N)ice
Cream, Rosella Detox Frutty Water – yang dihadirkan sebagai welcome drink, serta Cooling Chia Manggo Pudding for Kids.

“Superfood, dengan kandungan nutrisi dan vitamin memberi manfaat yang lebih baik untuk kesehatan tubuh, dibandingkan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat berlebih,” pungkasnya.

“Kami harap Herbilogy dapat menawarkan pilihan produk untuk solusi sehat alami yang praktis dan
terjangkau bagi masyarakat Indonesia dalam menjalankan hidup sehat, khususnya bagi para ibu yang berperan penting dalam menjaga kesehatan keluarga,” tutup Debora. (***)

Share:

Leave a reply