Banggai dalam napak tilas perhelatan sastra

151
0
Share:

guritanews – Mengusung tema urban : Rayakan Kata, Bumikan Ilmu, perhelatan Festival Sastra Banggai 2017 digelar selama dua hari di kota Luwuk.
Di manakah letak Banggai dan di mana pula kota Luwuk berada ?

Tepatnya provinsi Sulawesi Tengah dengan ibukota Palu. Banggai merupakan wilayah kabupaten kepulauan yang kota terbesarnya adalah Luwuk.

Untuk mencapai kota Luwuk dari Jakarta dengan menggunakan transportasi udara, harus ke Makassar (Sulawesi Selatan) terlebih dahulu. Dari Makassar penerbangan dilanjutkan menuju Luwuk.

Terdapat tiga maskapai yang melayani rute ke Luwuk, yakni Garuda Indonesia, Sriwijaya Air dan Lion Air.

Kedua maskapai swasta ini (Sriwijaya dan Lion) rutenya : Jakarta –Makassar (transit) – Luwuk. Sedangkan maskapai penerbangan Garuda Indonesia hanya melayani rute Makassar –Luwuk.

Menjadi catatan tersendiri bahwa di kota yang jauh dari ibukota pemerintahan di gelar festival sastra berskala Nasional.

Festival sastra tersebut menggelar aneka ragam agenda , termasuk –selain seminar dan pembacaan puisi- adalah pemutaran film, teristimewa film dokumenter.

Acara seminar yang menyodorkan topik Budaya Lokal dalam Karya menghadirkan pembicara Maman S. Mahayana , Guru Besar Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Indonesia, Universitas Indonesia dan Ahmad Tohari, novelis yang karyanya sangat fenomenal : Trilogi Ronggeng Dukuh Paruk.

Juga ada acara bincang tokoh dengan Pegiat Literasi dan Pendiri Babasal Mombasa, Wahid Nugroho.

Perihal Wahid Nugroho ini, seorang pegiat literasi di kota Luwuk yang bergerak membuat rumah-rumah baca hingga ke pelosok kabupaten kepulauan Banggai.

Gerakan komunitas yang dilakukan Wahid Nugroho, diberi nama Babasal Mombasa, adalah gerakan membaca dan tentunya menebarkan kebaikan lewat buku.

Sebelum Festival Sastra Banggai 2017 digelar di Luwuk akhir April 2017, terlebih dulu diadakan di Jakarta sebagai pengenalan.

Pentas pengenalan di Jakarta itu, awal April 2017 yang diselenggarakan Komunitas Babasal Mombasa dengan menampilkan pertunjukan seni tutur Ba Ode, sebuah seni tutur masyrakat asli wilayah Banggai, Sulawesi Tengah.

Dan bagi anda yang berminat hadir di kota Luwuk bisa menghubungi Ali Sofyan, HP : 0811 451 161. (Q2/SNM)

Share:

Leave a reply