Asuka Lansir Acast dan PTA-310

180
0
Share:
Asuka Car TV Digital - Lukman Hqeem

GuritaNews – Selang dua tahun kehadirannya di Indonesia, Asuka Car TV sudah mendominasi pangsa pasar televisi mobil digital.

Pada bulan April lalu, pabrikan asal Taiwan ini menghadirkan produk barunya di Indonesia, Acast dan PTA-310.

Albert Lim, Marketing Manager Asuka Car TV mengatakan kepada kami, bagaimana pertumbuhan konsumen digital car TV ini.

Dalam sebuah uji kasar, dikatakan olehnya bahwa jika ada 10 kendaraan dengan TV Digital, maka 6 diantaranya menggunakan Asuka Car TV.

Di negara asalnya, setiap tahun akan ada banyak sekali jenis produk yang dilansir.

Hal yang sama tidak berlaku disini. Menurut Albert Lim, salah satunya karena pasar Indonesia masih infant. Seperti diketahui, banyak sekali faktor yang berpengaruh dalam industri ini.

Bukan hanya masalah teknologi, namun juga penyedia dan operator TV Digital. Belum sepenuhnya dunia televisi di Indonesia berpindah ke Digital.

Secara demografis, penyebaran TV Mobil digital masih di Jawa khususnya di Jakarta. Karena siaran TV Digital itu sendiri juga hanya tersedia di beberapa kota saja di Indonesia.

Oleh sebab itu, Albert Lim menambahkan bahwa fokus dari Asuka adalah menggarap pasar ibu kota.

Dalam sebuah pengandaian yang sederhana, Albert Lim menjelaskan jumlah kendaraan roda empat di Jakarta sekitar 7 juta. Hanya sekitar 10% saja kendaraan tersebut yang dilengkapi TV Digital. Dan dari yang 10% tersebut, hanya 1% saja yang menjadi pasar Asuka Car TV.

Para pengguna Asuka Car TV memberikan umpan balik yang positif. Menurut Albert Lim, antusiasme mereka sangat tinggi.

Umumnya mereka menginginkan lebih banyak produk-produk teknologi yang inovatif seperti ini hadir ditengah masyarakat.

Mereka ingin Asuka Car TV bisa menjadi solusi kebutuhan hiburan didalam kendaraan. Kita semua tahu, setidaknya hampir 4 jam dalam satu hari diperlukan untuk berkendara di Jakarta dari rumah ke tempat kerja dan sebaliknya. Tak heran kebutuhan hiburan dalam mobil sangat tinggi.

Selama ini, produk unggulan adalah Asuka Digital Car TV Receiver dan Asuka PTA-100TV series. Teknologi yang diusung sudah sesuai dengan Android. Menurut Albert Lim, dengan kompatibilitas perangkat yang bisa dijalankan dengan sistem Android, semakinn membuka kemungkinan-kemungkinan Asuka Car TV diintegrasikan dengan perangkat bergerak lainnya, seperti smartphone misalnya.

Dalam ajang Indonesia International Motor Show, yang berlangsung pada 19-29 April 2018, Asuka Car TV memperkenalkan Asuka Acast dan Asuka PTA-310.

Acast dikembangkan oleh Asuka dengan tujuan untuk membawa dunia hiburan kedalam jaringan. Menurut Albert Lim, kehadiran Acast mempermudah navigasi online dan sistem kerja lainnya lebih mudah dengan dilakukannya mirorring  ke smartphone. Dengan cara kerja yang mudah, Acast menurut pengakuan Albert Lim, akan meningkatkan kualitas suara dan gambar, yang kemudian di “cerminkan” ke unit TV kendaraan dengan menggunkan Airplay, Miracast ataujuga DLNA.

Operasional alat ini juga mudah.  Setelah Acast dipasangkan didalam kendaraan, pengguna bisa menghubungkan dengan jaringan wifi, atau menggunakan Airplay untuk smartphone yang berjalan diatas IOS dan dengan Miracast apabila smartphone tersebut berjalan dengan sistem Android.

Dengan kata lain, keunggulan yang ditawarkan Acast Smartphone Mirroring Box bisa membuat perangkat ini terkoneksi dengan smartphone berbasis Android ataupun iOS. Selain itu, dengan desain khusus, Acast menurut Albert Lim telah disesuaikan dengan penggunaan didalam kendaraan.

Soal penggunaan ini, sebelumnya gambaran masyarakat mengenai TV didalam kendaraan akan selalu jelek, gambar yang buram atau terganggu dengan “semut-semut” dilayar kaca. Nyatanya, Asuka Acast dengan teknologi terkni, bisa mengjangkau siaran TV Digital dan menampilkannya secara bersih kembali.

Pihak Asuka juga menjamin bahwa perangkat ini bisa tahan lama, sehingga mereka cukup percaya diri dengan memberikan jaminan seumur hidup untuk menyegarkan kembali perangkat lunak OTA yang dipakai. Bukan itu saja, Acast menurut Albert Lim dilengkapi dengan pilihan kabel HDMI dan RCA.

Secara khusus, Albert Lim menunjukkan perbedaan antara alat smartphone mirroring rumahan dengan produk Acast adalah desainnya yang khusus. Alat mirroring rumahan didesain untuk kondisi suhu ruangan atau kamar dan sistem listrik yang stabil, dan statis. Sebaliknya Acast didesain untuk menjawab tantangan perangkat yang bisa bergerak, dengan suhu dan sistem kelistrikan yang naik turun, papar Albert Lim. Sejauh ini, Acast teruji mampu berjalan ditengah kondisi cuaca yang ekstrim dengan kualitas penggunaan yang prima.

Asuka Car TV diajang IIMS 2018 juga memperkenalkan Asuka PTA-310, sebuah headunit Android 10”. Mengusung frame OEMMobile yang cocok untuk berbagai jenis kendaraan di Indonesia. Hal yang paling mencolok menurut Albert Lim dibandingkan seri sebelumnya, Asuka PTA-310 adalah layarnya yang  lebih besar.

Teknologi yang disematkan dalam layar ini adalah IPS Display. Bukan hanya besar saja, layar TV juga semakin tajam gambarnya. Bahkan dengan teknologi IPS Display ini membuat gambar tetap sama meski dilihat dengan sudut pandang yang lebih kecil.

Seperti pada Asuka PTA-100, seri PTA-310 ini juga dilengkapi Multitocuh Control dan Voice Control. Teknologi ini memungkan operasional gawai ini semakin cepat dan mudah dalam mengatur equalizer dan audio surroud.

Merka dalam memperkenalkan unit baru ini, mengajak serta sejumlah komunitas pemilik kendaraan diseputar Jabodetabek. Dengan tema “My Community, My Family”, selain itu mereka juga ingin menyatukan semua anggota komunitas mobil dalam kegiatan yang penuh semangat kekeluargaan. Selain bersilaturahmi, para anggota komunitas bisa saling bertukar pengalaman dalam menggunakan produk Asuka Car TV sekaligus menampung berbagai pertanyaan dan masukan dari konsuen kepada pabrikan.

Dalam kegiatan yang dilangsungkan di ajang IIMS 2018 ini, sejumlah komunitas yang hadir adalah para pemilik Toyota Xpander, Suzuki Ignis, Suzuki Sx4 S-Cross dan Nissan Xtrail. Menurut Albert Lim, produk-produk Asuka Car TV sudah bisa disesuaikan untuk dipasang dijenis kendaraan tersebut. Unit TV bawaan pabrikan, bisa digantikan dengan Asuka Car TV Digital. Dalam perkembangannya, mereka akan terus mengembangkan untuk bisa disesuaikan dengan kendaraan-kendaraan terkini lainnya, pungkas Albert Lim. Joss Gandoos. (Lukman Hqeem)

Share:

Leave a reply