Ajak pemuda kembangkan minat wirausaha, DISPORA kota Bekasi gelar pelatihan multimedia

75
0
Share:

guritanews – Pemuda merupakan pilar kelima dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, setelah Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika.

Dengan kokohnya lima pilar serta terbentuknya bangsa yang berkarakter niscaya bangsa Indonesia akan mengalami kejayaan dan NKRI tetap lestari.

Karakter bangsa akan semakin kuat bila didukung oleh pemuda yang kreatif, inovatif dan mandiri.

Guna memberdayakan serta  meningkatkan  terwujudnya pemuda yang kreatif, inovatif dan mandiri, maka Dinas Pemuda dan Olah Raga (DISPORA) bid. Pemuda KotaBekasi mengadakan kegiatan pelatihan Multimedia bertajuk Melalui Pelatihan Pemanfaatan Berbagai Aplikasi Multimedia untuk Menunjang Kewirausahaan, Kita Tingkatkan Pemuda yang Kreatif, Inovatif & Mandiri” mulai 18 – 21 Juli 2017 dan dihelat di Hotel Taman Aer, kawasan Megamendung, Kabupaten Bogor.

Kegiatan pelatihan Multimedia yang digagas DISPORA Bid. Pemuda Kota Bekasi ini diikuti oleh 40 pemuda-pemudi perwakilan dari 12 Kecamatan Kota Bekasi.

Melalui kegiatan ini, diharap dapat menambah pengetahuan para peserta khususnya dibidang multimedia sekaligus mampu mengaplikasikannya dikemudian hari, dimana seluruh peserta diharapkan mampu untuk merakit web sendiri juga memanfaatkannya sejalan mengembangkan kemampuan berwirausaha seperti dengan membangun sendiri situs belanja online  atau lainnya.

Dalam sambutannya jelang dimulainya pelatihan, Drs. Tedi Hafni Tresnadi, M.Si selaku Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bekasi mengatakan bahwa pemuda zaman sekarang harus memiliki kemampuan multimedia dan melek teknologi agar bisa bersaing di dunia kerja.

“Multimedia dalam kondisi masa sekarang dan ke depan sangat penting peranannya. Untuk itu, pemerintah Bekasi sengaja memberikan pelatihan dengan memilih program yang bisa diaplikasikan oleh saudara-saudara sekalian ke depan,” ujar Tedi Tresnadi di hadapan para peserta pelatihan, di Megamendung, Bogor (18/7).

Tak ketinggalan, Drs. Charles Aritonang, Kepala Bidang Kepemudaan Dispora Kota Bekasi, juga berharap agar para peserta pelatihan dapat memanfaatkan semaksimal mungkin materi pelatihan ini untuk menimba ilmu serta membuka peluang usaha.

“Manfaatkan semaksimal mungkin pelatihan ini. Semangat. Sepulang dari sini, harus ada aksi nyata yang dilakukan para peserta,” ujar Charles Aritonang.

Kemudian secara resmi Drs. Tedi Hafni Tresnadi M.Si menyatakan membuka Pelatihan Multi Media ini dengan menyerahkan kartu tanda peserta serta tas kepada peserta pelatihan yang disaksikan oleh  Drs. Charles Aritonang  serta Kepala Seksi Pengembangan Pemuda DISPORA Kota Bekasi, ibu Nana Khaerinah, Spd. Msi.

Selanjutnya, selama 3 hari, ke 40 peserta dengan penuh semangat menyimak, menyerap dan mempraktekan segala materi multimedia yang didapat selama pelatihan.

Tak hanya aktifitas di dalam ruang, para siswa juga terlibat keseruan saat menilmati aktifitas fun games di luar ruang.

Di akhir pelatihan, para peserta yang dibagi dalam beberapa kelompok, secara bersemangat mulai menunjukan kemampuan dan kreatifitasnya dalam membuat web sesuai bidang yang disukainya demi memenuhi tuntutan tugas yang dibebankan oleh instruktur multimedia.

Sejatinya, melalui materi multimedia yang diserap lewat pelatihan singkat ini, diharapkan para peserta memiliki pengetahuan tambahan, yakni mampu membuat dan mengoperasionalkan sebuah web sendiri.

Linda Dwi Racmawati, peserta putri yang baru saja lulus SMA tahun ini, menyatakan kepuasannya usai mengikuti pelatihan multimedia yang digagas oleh DISPORA Kota Bekasi.

“Pelatihan multimedia ini sangat menarik dan bermanfaat bagi kami, harapan saya usai mengikuti pelatihan ini tentunya jadi lebih mengerti dengan aplikasi multimedia dan tentunya akan sangat bermanfaat mewujudkan cita-cita saya menjadi wirausaha,” ujar Linda bersemangat.

Kevin Deviadi, salah satu peserta putra yang baru berusia 17 tahun juga tampak antusias mengikuti pelatihan Multimedia ini.

Meski dirasa terlalu singkat, namun materi yang diterima dirasa padat dan mudah di cerna.

“Meski waktu pelatihannya terlalu singkat, namun saya senang karena materi yang diterima di pelatihan multimedia ini membuat saya mengerti  untuk bisa bikin situs online, tentunya ini sangat membantu sekali dalam mendukung cita –cita saya yang ingin menjadi penulis web serta berwirausaha online,” tutur Kevin.

Jelang tengah malam di hari terakhir masa pemberian materi pelatihan multimedia, Kamis, (20/7), Kepala Seksi Pengembangan Pemuda DISPORA Kota Bekasi, Nana Khaerinah, S.Pd. Msi mengungkapkan rasa untuk kegiatan pelatihan Multi Media yang berjalan lancar serta kebanggaannya bisa bersama-sama mendampingi para peserta yang sangat bersemangat dalam menimba ilmu.

Nana Khaerinah, S.Pd, Msi.

“Saya merasa terharu dengan semangat para peserta untuk mengikuti pelatihan Multi Media ini. Saya bangga memiliki pemuda yang punya semangat , mau berusaha dan bekerja keras,” tegas wanita yang akrab dipanggil Bunda Nana.

“Sekali lagi saya terharu dan bangga denga pemuda Bekasi yang kreatif, pemuda yang mandiri dan siap berdikari, semoga usai mengikuti pelatihan ini, pemuda Bekasi semakin banyak memiliki ide kreatif dan bisa memanfaatkan apa yang diperoleh disini untuk orang lain. Pemuda Kota Bekasi harus semangat dan jangan putus asa,” pungkasnya. (Q2/jar) | Foto: Doni & Fajar.

Share:

Leave a reply