30 Film Untuk Usmar Ismail Awards

204
0
Share:

GuritaNews – Usmar Ismail Awards (UIA) 2017 siap akan kembali digelar, dimana acara puncaknya akan disiarkan secara langsung oleh Trans 7, Sabtu, 22 April 2017 di Jakarta.

Ada sekitar 136 judul film nasional yang tayang di bioskop dan telah lulus sensor sepanjang tahun, mulai 3-Maret-2016 hingga 23-Maret-2017, akan dinilai oleh 37 wartawan yang terlibat menjadi juri diajang ini. Selain memilih film terbaik di UIA 2017, para juri juga akan menilai untuk katagori: Unsur Sutradara Terbaik, Unsur Penata Kamera Terbaik, Unsur Aktor Utama Terbaik, Unsur Aktris Utama Terbaik, Unsur Aktor Pendukung Terbaik, Unsur Aktris Pendukung Terbaik, Unsur Penulis Skenario Terbaik, Unsur Penata Musik Terbaik, Unsur Penggubah Musik Terbaik, Unsur Penata Suara Terbaik, Unsur Penata Artistik Terbaik, dan Unsur Penyunting Gambar Terbaik.

Tim Perumus UIA 2017, yang terdiri dari 10 orang dan diketuai oleh Wina Armada Sukardi, serta Ketua Panitia Penyelenggara UIA, Sonny P Sasono, dan Ketua Pengarah UIA, Adisurya Abdi, dalam rapat Akbar bersama wartawan, dalam siaran persnya, lebih jauh menjelaskan, menetapkan penjurian dalam dua tahap tanpa melalui mekanisme unggulan. Yaitu Tahapan Pemilahan dan Pemilihan serta Tahapan Penjurian.

Tahapan Pemilahan dan Pemilihan maksudnya adalah seperti yang dituturkan Wina Armada, Tahapan ini dilakukan oleh Dewan Juri Awal yang bertugas memilah dan memilih 30 film pilihan peserta untuk dinilai oleh Dewan Juri Akhir, yang akan menilai secara keseluruhan maupun unsur-unsur, tanpa melalui mekanisme unggulan untuk menjadi yang terbaik.

Wina menegaskan, seluruh anggota Dewan Juri, dilarang keras menerima imbalan (Gratifikasi) dalam bentuk apapun dari pihak peserta UIA atau uang yang terafiliasi dengan peserta UIA, untuk memenangkan atau tidak memenangkan karya film, atau unsur film tertentu. “Jika ada anggota Dewan Juri yang dinyatakan bersalah melanggar etika berat, akan dikenakan sanksi berat sesuai aturan dalam buku Pedoman Penjurian dan Penilaian UIA,” ujar Wina.

“Kami ingin membuat UIA 2017 yang kedua ini, jauh lebih baik serta menarik dari yang pertama dan berbeda dari festival film lainnya,” tambah Sonny.

Dan hasil nominasi di umumkan di Gedung Pusat Perfilman H Usmar Ismail Jalan HR Rasuna Said kav C-22 Kuningan, Jakarta Selatan.

Acara yang dibuka oleh Aklis Suryapati, bersama Sonny P Sasono dan Adisurya Abdi, dan dilanjutkan oleh pembawa acara Aditya Gumay sembari di selingi dengan hiburan musik Angklung, Kesenian Kreatif dan Tari dari Sanggar Aditya Gumay, pembacaan per 10 nominasi oleh wartawan senior Yan Widjaya di dampingi beberapa wartawan senior dan muda.

Adapun Nominasi yang dibacakan antara lain:

Tiga Srikandi – Ada Apa Dengan Cinta 2 – Ada Cinta Di SMA – Aisyah Biarkan Kami Bersaudara – Atirah – Bangkit – Bid’ah Cinta – Buka’an Delapan – Cek Toko Sebelah – Comic 8 – Galih dan Ratna – Hangout – Headshot – Ini Kisah Tiga Dara – Istirahatlah Kata Kata – Iqro – Jakarta Undercover – Juara – My Stupid Boss – Pantja Sila – Rudy Habibie – Sabtu Bersama Bapak – Salawaku – Shy Shy Cat – Sundul Gan – Surat Cinta Untuk Kartini – The Window – Uang Panai – Warkop DKI Reborn – Wonderful Life.

Share:

Leave a reply