sebelum iblis menjemput ayat 2

Misteri ‘Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2’ dengan kesadisannya!

GuritaNews – Sutradara Timo Tjahjanto memang masih bertahan dengan ‘rasanya’ mengemas film-film beraroma misteri dan thriller sadis, terlihat dalam film terbarunya Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2, Timo meperlihatkan kegemarannya dengan suguhan adegan ‘gore’ nan ngilu.

Meski Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2 berbeda dengan seri pertamanya, Timo tetap berpijak pada karakternya sebagai sineas.

Mungkin bisa disebut evolusi, bagaimana dalam instalasi kedua ini, Timo meleluasakan banyak adegan ngilu di pandang.

Sesuatu yang lazim bagi seorang sineas untuk terbang leluasa dengan imajinernya yang di aktualisasikan lewat visual bidikannya.

Rasa horor dan misteri Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2 sangat berbeda dengan film pertama yang juga di sutradarai oleh Timo.

Jika pada film pertama tak banyak slasher yang di umbar , maka dalam film ke dua ini akan banyak scene-scene slasher yang membuat anda mungkin sedikit mual-mual.

Timo juga bekerja keras untuk menjadikan instalasi kedua ini lebih ‘berjaya’ dari film pertamanya dengan menghadirkan efek sinematik yang cukup bagus, serta frame dramaturgi juga yang juga tak kalah menarik.

Sebenarnya saya tak ingin menspoiler betapa komersilnya film ini , namun untuk sekedar pemanis saja , biarlah saya sedikit mensuplai tanpa panjang lebar.

Chelsea Islan memerankan karakter Alfie dalam Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2 ( guritanews.com )
Chelsea Islan memerankan karakter Alfie dalam Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2 ( guritanews.com )

Bicara teknis editing , dalam hal ini sematan efek visual melalui CGI, Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2, bisa saya sebut juara! yah anda nonton dulu untuk tahu kelebihan efek digitalisasi komputer tersebut.

Ada beberapa adegan yang sarat gore dan creepy!

Bahkan efek kejut dengan meng-instal treament jump scare juga menjadi daya tarik yang absolut bagi film ini.

Film Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2 punya kesadaran imajiner yang tinggi, untuk tidak mengkonsumsi banyak jump-scare, saya suka itu!

Untuk itu scoring yang di ayun sepanjang film akhirnya membentuk atmosfir kuat bagi penonton untuk tetap menikmati cerita film ini sampai tuntas.

Bahkan Chelsea Islan -meski harus bertahan nyaris 99 persen penampilannya tetap tampak cantik – yang di daulat kembali sebagai pemeran utamanya mampu memberikan penampilan terbaiknya dengan gesture serta dialog yang meletup-letup.

Juga tak lupa saya harus ungkapkan akan kegaguman saya kepada bintang cilik Hadijah Shahab, yang bermain apik mengimbangi akting Chelsea Islan dan pemain lainnya.

Boleh di bilang Timo juga berhasil mempertahankan chemistri Hadijah Shahab dan Chelsea Islan sepanjang durasi.

Film Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2, bagi saya (penulis) memang tidak meberikan suprise plot cerita yang takjub atau biasa saya kenal dengan best twisted ending, karena memang segala unsur mengalir lewat kemasan dialog yang sudah di tandai sebagai sebab-musabab.

Namun pergumulan emosional para karakternya nyaris terjalin dengan baik.

Yah, jika ada yang pincang sedikit, jamaklah.. namanya juga karya seni visual pasti ada batasnya kan..?

Disini kita melihat kemampuan (bukan kelihaian yah..) Timo meleburkan aroma thriller yang mengalir tepat sasaran.

Sekali lagi ! dengan thriller, Film Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2, menawarkan yang berbeda dari beberapa film horor pabrikan tanah air Indonesia.

Pastinya agak-agak berasa Hollywood gitu..

Bagaimana rupa atau sosok setan dalam film ini..??

Penasaran..? kalau saya kupas maka menjadi spoiler

Pastinya gak murahan !

Saya tak ingin lelah hati dan pikiran hanya untuk membicarakan sebuah karya seni seseorang sekelas Timo Tjahjanto, karena artikel ini hanya sebagai upaya menghormati sebuah karya cipta manusiawi.

Satu catatan saya (sebenarnya ada empat, tapi satu saja cukuplah), Film Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2, boleh saja menggoreng sana sini dengan thriller, suspen, laga, drama dah misterinya demi melengkapi sebuah rasa dan selera tontonan.

Hanya saja sebagai penikmat film horor, saya merasa atmosfir horor yang saya harap jadi jawara dalam film ini, harus perlahan ter-eliiminasi oleh hal-hal tadi saya sebut di baris atas.

Pastinya anda harus menjumpai Molok untuk faham betul apa itu Satani Levitas ciptaan naskah Timo Tjahjanto dalam Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2. (Q2)

baca juga di pojoksinema.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *