Shyfa Yuyun ( foto : kicky herlambang/guritanews.com )

Shyfa Yuyun : tergantung bayarannya…

GuritaNews – Artis pendatang baru Shyfa Yuyun Anggraeni patut memperhitungkan langkahnya ketika ia mendaulat diri untuk terjun bebas di panggung hiburan.

Dara cantik kelahiran Brebes dua puluh tiga tahun silam ini, sejak lama mengidamkan menjadi pesohor di industri hiburan.

Langkah nyata pun ia tempuh sejak tiga tahun lalu.

Shyfa Yuyun ( foto : kicky herlambang )

Malang melintang di dunia hiburan yang mulai menampakkan hasil, mutlak menjadi koleksi jam terbangnya.

Dari mulai hanya menjadi figuran di program tayangan televisi dan mendapatkan ‘sepotek’ peran kecil sinetron hingga merambah karir sebagai profesional model.

Alhasil ia berhasil keluar batas dari artis kasta pemula menjadi profesional artis saat ini.

Shyfa Yuyun ( foto : kicky herlambang )

Shyfa berhasil mendapatkan beberapa peran dalam produk iklan televisi.

Sebuah ukiran prestasi yang secara perlahan di bingkainya menjadi hiasan hidupnya nan elok.

“Alhamdulillah mas, secara perlahan dengan sabar dan tekun , akhirnya aku mulai banyak job, baik itu shooting sinetron dan iklan , juga pemotretan,” akunya dengan wajah sumringah.

Shyfa tak lagi menghiasi hidupnya dengan resah dan gelisah, seperti saat ia merintisnya.

Mengadu nasib dengan datang ke ibukota demi sebuah impian indah baginya, bukan pula hal gampang yang harus ia lalui.

Sadar akan keberadaannya yang bukan siapa-siapa, betapa bimntang ilan Traveloka ini faham bahwa meraih peruntungan menjadi artis bukanlah pekerjaan mudah baginya, meski dengan tujuan baik ‘membahagiakan keluraga dan membuat orang di kampungnya bangga’

Ia-pun harus mencicipinya dengan bekerja paruh waktu, bahkan sempat mengasuh bayi, alhasil saat dirinya sempat bekerja di sebuah konter selular, seseorang menghampirinya untukk menawarkan pekerjaan yang ia impikan itu.

Shyfa pun menyambutnya dengan riang gembira, meski ia-pun tak tahu apa yang harus di lakukannya jika benar benar ia bakal ada di lokasi shooting.

Shyfa Yuyun ( foto : kicky herlambang )

“Semua berjalan dengan proses waktu, awalnya aku betul-betul gak tahu kemana dan dimana aku harus ‘ngetuk pintunya’ untuk jadi artis. Hanya yang aku bisa sekedar membayangkan saja, nikmatnya menjadi orang terkenal,” kisah artis yang juga main di sinetron ‘Anak Langit‘ itu

Kisah pilu-pun saat baru menjajal duani keartisannya sempat di alami.

Seperti biasa, hampir kebanyakan pendatang baru pasti hal-hal menjengkelkan, speerti honor yang tidak di bayar, masuk agensi harus bayar tapi lama nganggur, datang ke lokasi shooting sesuai jadwal panggilan namun lama menanti hanya jadi bayangan saja, di pakai pun tidak akhirnya.

“Pernah aku dapat callingan, sudah nunggu seharian sampai malam, datang jauh jauh, ehhh… begitu di kasih tahu cuma di bilang ‘shyfa maaf yah kamu gak jadi kami pakai’. Nyesek gak begitu…?” jelas model iklan IndiHome ini.

“Tapi yah itulah sebuah proses karir. Aku harus kuat dan sabar. Karena aku berpikir positif saja bahwa semua ini adalah bagian dari dunia yang aku geluti,” aku pemain FTV ‘Yang Tersakiti’

Shyfa Yuyun ( foto : kicky herlambang )

Beruntung persoalan nasib mujur bepihak kepadanya, sebuah agensi yang menggawanginya ikut membantunya meminjamkan pernak pernik dan kostum untuk kebutuhannya.

Maklum sebagai perempuan desa -apa adanya- yang datang ke kota besar demi merintis karir sebagai artis, tentu bakal mengalami cemoohan di lokasi pengambilan gambar.

Ia sering mendapat teguran ketika dandanan dan kostum yang ia kenakan jauh dari kelayakan seorang figuran lainnya.

“Ada agensi yang sungguh baik banget kepadaku, dengan mensupport meminjamkan banyak kostum untuk kebutuhan ku di lokasi shooting. Soalnya yah itu mas, sering di komplain, karena kostum dan make-up ku yang gak ngepas. hahahaha…” urainya tertawa lebar.

Kini Shyfa pun faham, betapa rakitan karir yang ia bagun, juga membutuhkan atitude.

Pekerjaan yang dilakukan dengan profesional juga seiring dengan kualitas prilakunya.

Shyfa Yuyun ( foto : kicky herlambang )

Apa yang ia rasakan saat ini, belumlah seberapa di banding kegetiran hidupnya saat masih belia.

Iapun harus banting tulang membantu keluarga mencari nafkah.

“Mau tahu getirnya gimana mas? jangan kaget yah..! hahahaha…”

” Di kampung, dulu waktu aku masih kecil, pernah kerja ngangon sapi, di upah harian, di usia yang relatif sangat muda, aku gak sempat mencicipi kebahagaianku layaknya anak-anak lain sebayaku.,”

“jadi pengasuh bayi, malah aku nangis,”

Kok nangis kenapa?

“Karena aku gak ngerti harus bagaiman melakukan pekerjaan tersebut,”

Shyfa menurut kamu menyandang gelar sebagi artis perlu sombong gak?

“Sebenarnya sih bukan soal perlu atau nggaknya, tapi mungkin artis yang mulai besar dan populer di masyakarakat sangat perlu ruang privasinya. wajar saja ketika terjadi perubahan dalam sikapnya, maka ia tampak seperti sombong. Meski ada juga yang memang sombong sejak lahir..hahaha… namanya juga manusia mas,” papar artis yang bakal main dalam film horor pabrikan Max Pictures itu.

Dengan bekal kecantikan dan keindahan ragawimu, saat ada tawaran kamu main dalam sebuah film dengan peran yang patut mempertontonkan keindahan ragawimu dengan busana minim bahkan kamu harus melakukan adegan ranjang, apakah kamu siap?

Shyfa Yuyun ( foto : kicky herlambang )

“Kenapa tidak sepanjang itu dilakukan sesuai naskah? Aku harus profesional kan menyikapinya. Lagi juga kan kalau film di Indoensia gak bisa sembarangan juga mengumbar adegan mesum, ada lembaga sensornya kan mas..?”

“Yah intinya kalau aku dah kontrak untuk sebuah peran, apapun itu, yah aku profesional mas,”

Pertanyaan terkahir, ragwai kamu yang molek dan mulus itu, seumpama di jadikan objek fotogarfi seni dengan tampilan tubuh tanpa sehelai benang, apa kamu mau menerima tawaran itu?

“tergantung itu sih mas,”

Tergantung apanya nih?

“Yah bayarannya, kalau pakai dollar boleh lah, sesuai tema dan lihat dulu yang motret siapa. Kalau mas Kicky yang motret..hmmm… bisa juga sih..hahahha… sudahlah aku mau berangkat ke lokasi mas. Shooting film pertamaku nih. Do’a kan yah,” pungkasnya. (Q2)

Artikel ini sebelumnya telah di turunkan di pojoksinema.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *